Mencegah Cedera Tangan Dan Jari Karena Smartphone

Mencegah Cedera Tangan Dan Jari Karena Smartphone

Terlalu sering menggunakan smartphone dan perangkat dapat mengundang banyak masalah untuk tangan dan jari Anda.

Dalam dekade terakhir, ponsel telah berevolusi dari ponsel flip standar Anda, menjadi hampir komputer mini di tangan Anda. Dokter mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan cedera berlebihan dan gejala yang berhubungan dengan saraf karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel pintar mereka.

Dokter berbicara tentang penelitian yang menunjukkan bahwa pengguna ponsel berat, terutama pebisnis, berisiko cedera. Jika banyak waktu dihabiskan untuk menggenggam atau menggenggam ponsel Anda, jari dan ibu jari Anda mungkin mulai kram atau meradang. Kondisi ini disebut sebagai “jari ponsel cerdas, tendinitis SMS, ibu jari SMS, saraf SMS” – istilah non-medis.

Dr Marouane Bouloudhnine, konsultan ahli bedah ortopedi, Hand to Shoulder Clinic, Burjeel Hospital Dubai mengatakan bahwa jari-jari yang paling terpengaruh dengan memegang smartphone atau tablet, adalah kelingking (jari kelima) dan ibu jari. Dia menambahkan bahwa saraf di pergelangan tangan dan siku Anda juga dapat dipengaruhi oleh cara Anda memegang ponsel. Mengetahui cara mengurangi beberapa cedera serius itu dapat dimulai hanya dengan menetapkan batas waktu dengan ponsel Anda.

Kondisi jari smartphone

Tangan kita terbuat dari 27 tulang, 35 otot, dan lebih dari 50 tendon yang menghubungkan tulang dan otot. “Ketika otot-otot di jari Anda perlu membuat gerakan (seperti memilih sesuatu di smartphone), tendon ini berkontraksi dan memanjang. Jadi, radang tendon, yang disebut Tendinitis, mungkin muncul,” kata Dr Bouloudhnine.

“Jari smartphone juga bisa menjadi hasil dari tekanan konstan pada sendi kelingking saat Anda memegang perangkat Anda,” tambahnya.

Medicos mengatakan bahwa jari smartphone adalah kondisi yang relatif baru, sehingga peneliti masih mempelajarinya. Itu memang memiliki beberapa kesamaan dengan kondisi lain yang dikenal yang disebut Trigger Finger. “Gejala jari smartphone mungkin termasuk: rasa sakit atau kaku di pangkal jari yang terkena, bunyi klik saat Anda menggerakkan jari kelingking, kesulitan menggerakkan jari saat bangun di pagi hari dan mati rasa di ujung jari Anda,” kata Dr Bouloudhnine. .

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa jika gejala Anda memang disebabkan oleh penggunaan smartphone, tangan dominan Anda kemungkinan akan mengalami sebagian besar rasa sakit, kram, dan kaku.

TRENDING  Smartphone Terbaik Yang Harus Dibeli Tahun 2022

Spesialis perawatan kesehatan menyoroti bahwa jari kelingking atau jari ponsel cerdas cenderung terhubung dengan penggunaan perangkat yang lebih besar, seperti tablet atau ereader.

“Pinkies juga tidak dirancang untuk mendukung smartphone yang berat, meskipun ada sejumlah orang yang mengatakan bahwa mereka secara naluriah menahan ponsel mereka di jari terkecil. Tapi, jarinya lebih kecil dan tidak akan mentolerir tekanan dan pemosisian serta jari yang lebih besar,” kata Dr Bouloudhnine.

Kondisi lain yang dikenal sebagai jempol ponsel cerdas atau tendinitis SMS memiliki banyak penyebab dan gejala jari ponsel cerdas yang sama. “Ini mungkin lebih umum ketika Anda menggunakan telepon yang lebih kecil atau telepon yang membutuhkan SMS manual daripada layar sentuh. Jika gejala Anda disebabkan oleh penggunaan ponsel cerdas Anda, Anda akan melihat rasa sakit dan kekakuan Anda meningkat saat Anda berinteraksi dengan perangkat Anda, ”kata Dr Bouloudhnine.

Dia menunjukkan gejala ibu jari ponsel cerdas, “kram di bagian tenar (area berdaging di antara ibu jari dan jari telunjuk), mati rasa dan kaku di ibu jari, bunyi klik saat Anda mencoba menggerakkan ibu jari, dan nyeri berdenyut di ibu jari. .”

Ada banyak opsi yang dapat mengurangi seberapa sering Anda benar-benar harus menggunakan jari kelingking dan ibu jari saat menggunakan perangkat.

Dr Bouloudhnine menyarankan untuk menggunakan beberapa pengobatan sederhana jika seseorang mengalami rasa sakit dan kaku akibat penggunaan smartphone.

“Letakkan ponsel Anda, istirahatlah dari perangkat dan waktu layar sama sekali, berikan jari, ibu jari, dan pergelangan tangan Anda istirahat,” katanya.

Dr Bouloudhnine menguraikan beberapa tips lagi:

– Oleskan es ke tempat peradangan. Jika Anda merasakan kekakuan dan nyeri pada persendian, es dapat membantu meredakan gejala.

– Jika Anda terbiasa menggunakan ponsel dengan satu tangan, jangan mengandalkan kelingking sebagai penyangga. Alih-alih, pilih mode handsfree atau dapatkan aksesori bantu, seperti cincin dan tali yang dapat dipasang, yang dapat menahan ponsel Anda atau hanya memungkinkan Anda memegang perangkat tanpa menggunakan ibu jari atau kelingking. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada kedua jari tersebut.

TRENDING  Cara Menyesuaikan Smartphone Android 12 Sesuai Keinginan Anda

– Dapatkan Teks-Savvy: Anda juga dapat melihat ke alat stylus untuk digunakan di tablet Anda, atau menggunakan fitur bicara-ke-teks di ponsel Anda.

– Regangkan jari-jari Anda: Sebelum mengangkat perangkat, ikat jari-jari Anda bersama-sama dan dorong lengan Anda sehingga jari-jari Anda meregang penuh ke arah yang berlawanan.

– Rencanakan untuk istirahat: Jika Anda menggunakan perangkat untuk jangka waktu yang lama, atur alarm agar berbunyi setelah Anda menggunakannya selama sekitar satu jam.

Pilihan pengobatan

Jika Anda memiliki rasa sakit kronis terkait penggunaan ponsel cerdas, bagikan ini dengan dokter. Anda kemungkinan besar akan menemui ahli bedah Ortopedi-Tangan yang berfokus pada tulang, tendon, dan otot.

Menurut Dr Bouloudhnine, perawatan akan bervariasi berdasarkan kasus per kasus:

– Istirahat dan obat anti inflamasi sebagai pengobatan lini pertama atau untuk kasus ringan, Ibuprofen atau Acetaminophen.

– Kenakan belat atau penyangga untuk menjaga jari Anda tetap stabil sepanjang hari dan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

– Injeksi kortikosteroid untuk kasus nyeri yang lebih parah dari jari smartphone.

– Pembedahan mungkin diperlukan dalam beberapa kasus tertentu.

Kerusakan saraf akibat smartphone?

Sindrom terowongan karpal

Pegangan cakar satu tangan, misalnya, bukanlah posisi alami yang biasanya kita gunakan untuk menggunakan tangan kita. Dalam posisi ini, orang cenderung melenturkan pergelangan tangan mereka pada suatu sudut, berpotensi meregangkan tendon dan meningkatkan tekanan pada saraf yang berjalan melalui pergelangan tangan.

“Saraf median di pergelangan tangan tertekan, bisa menyebabkan mati rasa atau kesemutan di beberapa jari. Ini disebut Sindrom Terowongan Karpal.

“Selain itu, cengkeraman cakar dapat memperburuk kondisi siku seperti pegolf atau siku tenis,” kata Dr Bouloudhnine.

Sindrom terowongan kubital atau Text Claw

Dr Bouloudhnine menjelaskan sindrom tersebut: “Jika Anda menjaga siku tetap tertekuk melewati 90 derajat untuk waktu yang lama, seperti saat Anda memegang ponsel ke telinga atau mendekatkannya ke wajah Anda, ada peningkatan yang sangat signifikan dalam jumlah tekanan pada bagian saraf ulnaris yang berjalan melalui terowongan cubiti di siku.

TRENDING  Butuh Aplikasi Smartphone Untuk Perusahaan Anda? Baca Ini!

“Istilah medisnya adalah ‘sindrom terowongan cubiti’. Ini juga bisa disebut ‘Siku Ponsel’, digambarkan sebagai mati rasa atau kesemutan di jari manis dan kelingking yang terjadi setelah siku ditekuk untuk waktu yang lama.

“Saraf juga bisa tertekan jika Anda sering memutar leher untuk menjepit ponsel di antara telinga dan bahu. Anda dapat mengalami ketegangan dan kekakuan di bagian belakang leher Anda karena melihat ke bawah layar ponsel Anda, ”kata Dr Bouloudhnine.

Pencegahan masalah saraf terkait smartphone

“Masalah saraf yang terkait dengan penggunaan telepon sering kali merupakan akibat dari berapa banyak waktu yang Anda habiskan dalam posisi terbatas,” kata Dr Bouloudhnine.

Dia menyarankan orang-orang untuk beristirahat dan sering berganti posisi.

“Kunci untuk mencegah masalah penggunaan berlebihan yang ringan berkembang menjadi kondisi yang lebih serius adalah dengan mengurangi dan memodifikasi penggunaan telepon. Jika Anda mengantisipasi menggunakan telepon Anda selama beberapa jam sehari, Anda tidak ingin mereka terus-menerus, “kata Dr Bouloudhnine.

“Istirahat. Regangkan jari-jari Anda. Regangkan pergelangan tangan. Waspadai berapa banyak waktu yang biasanya Anda habiskan di ponsel dan tetapkan batas waktu. Perangkat Apple dan Android, misalnya, memungkinkan pengguna untuk memantau waktu layar mereka dan menetapkan batas penggunaan aplikasi, ”tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa mengubah posisi sering juga dapat membuat perbedaan besar. Pertimbangkan untuk memindahkan atau mengubah posisi setidaknya setiap lima menit.

Gejala ringan sering sembuh dengan istirahat dan mengubah penggunaan telepon Anda, dan para ahli menekankan bahwa penting untuk tidak mengabaikan masalah yang memburuk atau berlarut-larut.

Kapan harus menemui ahli bedah tangan

Dr Bouloudhnine menambahkan bahwa “beberapa gejala menunjukkan bahwa pengobatan rumahan tidak akan cukup untuk mengobati jari ponsel cerdas Anda”, dan untuk mencari pengobatan jika Anda mengalami salah satu dari yang berikut:

– Rasa sakit yang berlangsung selama tujuh sampai sepuluh hari, bahkan setelah menggunakan pengobatan sederhana di rumah.

– Rasa sakit yang parah dan membuat Anda tidak dapat melakukan aktivitas lain.

– Mati rasa berulang yang tidak mereda setelah hari libur dari penggunaan smartphone. – Khaleej Times, Dubai, Uni Emirat Arab/Tribune News Service