Alasan Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan Berdampak Buruk

Alasan Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan Berdampak Buruk

Dari memeriksa cuaca dan media sosial, hingga mengatur pertemuan dan liburan, smartphone saat ini terjalin erat dengan semua aspek kehidupan kita.

Tapi berapa banyak penggunaan smartphone sehari-hari yang masih oke, dan seberapa buruk bagi Anda?

Sebuah tim multidisiplin dari Fakultas Kesehatan dan Masyarakat Universitas Wollongong baru saja menyelesaikan dua studi tentang kecanduan smartphone dan dampak kesehatannya.

“Kami sampai pada kesimpulan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan itu buruk bagi kami, itu paling berbahaya bagi kesehatan kami jika kami menggunakan layar dengan cara yang tidak bertujuan dan kompulsif,” Dr Hassan Hosseinzadeh, dosen kesehatan masyarakat senior dan pemimpinnya. peneliti pada proyek-proyek ini, kata.

Ilmuwan sosial UOW Dr Hosseinzadeh, Dr Zubair Ahmed Ratan, Ann-Maree Parrish dan Mohammad Alotaibi, membandingkan data tentang hubungan antara penggunaan smartphone dan kesehatan dari tiga negara – Australia, Arab Saudi dan Bangladesh.

Mereka menyadari bahwa pengguna ponsel cerdas yang kompulsif lebih mungkin mengembangkan berbagai hasil kesehatan yang buruk – depresi, kecemasan, nyeri muskuloskeletal, dan insomnia – ketika mereka menggunakan ponsel mereka dengan cara yang tidak tepat dan tidak sehat.

“Perbedaan antara hubungan yang sehat dan tidak sehat dengan layar sering kabur. Daripada jumlah waktu yang dihabiskan di telepon, kita harus melihat pola perilaku penggunaan. Misalnya, sedang menelepon di tempat kerja, memeriksa email atau Menulis catatan boleh saja. Tapi ketika Anda melakukannya saat makan malam keluarga atau saat bertemu dengan teman, itu bisa menandakan kecanduan smartphone,” tambah Dr Hosseinzadeh.

“Kami menemukan bahwa lebih dari 60 persen siswa Arab Saudi kecanduan ponsel mereka.

“Ini menghasilkan tingkat obesitas yang tinggi karena mereka kekurangan waktu dan motivasi untuk makan makanan sehat dan olahraga.”

TRENDING  Pentingnya Memilih Benih Tanaman Hidroponik Untuk Hasil Yang Maksimal

Dr Hosseinzadeh dan timnya percaya hanya dengan meresepkan detoks digital tidak akan berhasil dalam memerangi kecanduan smartphone.

“Kita hidup di dunia yang saling terhubung sehingga tidak mungkin untuk berhenti begitu saja. Orang-orang dari industri mode tidak dapat menghapus TikTok atau Instagram, seperti halnya akademisi seperti saya tidak dapat berhenti begitu saja menggunakan Zoom. Kami membutuhkan alat ini, dan kami perlu menggunakannya dengan cerdas, tidak kompulsif,” kata peneliti.

Perubahan kecil, seperti tidak menggunakan media sosial dua jam sebelum tidur di malam hari atau hanya meraih telepon satu jam setelah bangun tidur, memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi kebiasaan sehat dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.