Cara Membuat Blog Dengan 6 Langkah Mudah (Terlengkap)

Cara Membuat Blog, Anda tentu kerap dengar kata ‘blog’, kan? Entahlah saat sedang berseluncur di internet atau di saat bercakap dengan rekan. Dapat disebut blog telah mempunyai fungsi yang lumayan besar dalam pola hidup dan trend warga zaman saat ini. Blog mewadahi bermacam karier, dimulai dari mereka yang sebatas menulis sampai mereka yang jadikan blog sebagai mata penelusuran utama. Bukti yang positif ini pasti menggerakkan keingintahuan Anda: bagaimana, sih, cara membuat blog pribadi ataupun bisnis secara gratis dan bisa menghasilkan uang di blogspot dan juga wordpress agar terlihat menarik?

Di artikel ini, kami akan mengulas segala hal yang Anda perlukan untuk cara membuat blog. Dimulai dari pemilihan niche sampai faktor yang tentukan keberhasilan blog. Diakhir artikel ini, kami mengharapkan Anda akan mempunyai blog yang dapat datangkan traffic yang stabil dan tampil di penelusuran organik Google.

Apa Itu Blog?

Menurut Wikipedia, blog adalah jenis website yang berisi tulisan dengan bermacam tema. Umumnya tulisan (yang kita sebutkan dengan postingan) diperlihatkan dalam urutan yang kebalik. Blog akan tampilkan posting terkini yang selanjutnya diikuti oleh posting lama.

Blog kerap jadi platform untuk meningkatkan kekuatan menulis dan pelajari beberapa hal baru, seperti peningkatan situs (web development) dan manajemen content. Anda bebas berkreatifitas dalam share informasi atau hoby sembari membuat komunitas online. Bahkan juga blogging dapat menguntungkan, misalkan dengan tergabung di program afiliasi atau tampilkan iklan di blog. Posting yang Anda terbitkan secara periodik juga menjadi portofolio bila ingin cari pekerjaan terlepas (freelance) atau penuh waktu (full time).

Wujud blog berbagai macam, misalkan majalah digital, catatan individu, pameran online, serta situs evaluasi. Umumnya blog terdiri dari text, gambar, video, dan halaman penting yang lain. Audience dapat tuliskan tanggapan dan berbicara secara virtual dengan pemilik atau penulis blog.

Perbedaan Blog dan Website

Hal pertama yang membandingkan blog dan website ialah ada kolom komentar. Sama seperti yang telah disebut, blog mempunyai kolom komentar di mana audience dan blogger dapat berbicara. Komunikasi yang terikat ialah komunikasi dua arah. Saat itu, website tidak mempunyai kolom komentar sama sekalipun.

Blog memiliki sifat aktif sebab isinya terus diperbaharui, sedang website memiliki sifat statis sebab halaman-halaman yang ada didalamnya jarang-jarang sekali diperbaharui. Misalnya, halaman produk, informasi layanan, dan Tentang Kami.

Pembanding yang lain ialah nama author, tanggal posting, dan kelompok. Pada blog, ke-3 komponen ini nampak terang dibagian atas posting. Saat itu, Anda tidak bisa mendapati ke-3 komponen itu di website.

Mana Platform yang Cocok untuk Blog?

Ada beberapa factor yang penting diingat ketika menentukan platform blogging. Tanyalah dalam diri sendiri, seberapa jauh kemampuan teknis yang dipunyai? Apa Anda punyai waktu cukup buat membuat dan mengurus blog sendiri?

Pastikan platform blog yang dilirik betul-betul mempunyai feature yang sesuai ide dan arah blogging. Minimal Anda bebas membuat content, menambah medium, dan lakukan kreativitas yang lain hingga posting nampak menarik. Paling akhir, kalkulasilah anggaran – ini penting untuk Anda yang ingin membuat dasar yang kompak atau yang tidak ingin selama-lamanya mempunyai blog gratis dan merencanakan untuk melakukan ekspansi lebih jauh.

WordPress.org

cara membuat blog - wordpress.org

Bila Anda telah akrab dengan beberapa hal berbau teknis dan menyisihkan demikian anggaran untuk blogging, pilih mekanisme manajemen content seperti WordPress.org. CMS ini banyak dipakai bagus untuk blog atau website. Pemakaiannya gratis. Namun, untuk menjaringnkannya, Anda membutuhkan custom domain dan situs hosting.

Tingkat kesusahan untuk pelajari pemakaiannya lumayan tinggi. Anda perlu waktu, bahkan juga harus bertanya atau cari sumber yang kira-kira bisa memudahkan operasionalisasi WordPress type ini. Untungnya, di internet, banyak bersebaran panduan, trik dan tips, dan artikel yang mengulas WordPress. Anda dapat memercayakan sumber online untuk pahami CMS paling populer ini.

WordPress diperlengkapi dengan live editor. Anda bisa mengganti dan melakukan modifikasi penampilan blog memakai bermacam topik gratis dan berbayar. Untuk posting dan halaman blog, block editor yang dipunyai WordPress versus Gutenberg tawarkan banyak pilihan dan feature yang pantas dicoba.

WordPress sediakan plugin untuk menambah feature dan alat, misalkan alat SEO, mekanisme keamanan, dan manajemen blog. Sesudah memperbaiki blog, Anda dapat, lho, cari pendapatan di internet. Ditambah lagi Anda punyai kendali penuh atas blog Anda, kan?

WordPress.com

cara membuat blog - wordpress.com

Lain WordPress.org, lain juga WordPress.com. Disalin dari situs Wikipedia Indonesia, WordPress.com ialah situs service blog yang memakai mesin WordPress. Anda tak perlu kembali cari provider situs hosting, berlangganan salah satunya paket, dan membuat domain. Anda langsung bisa memakai paket gratisnya yang telah diperlengkapi dengan resource yang cukup, terhitung satu subdomain.

Cara membuat blog gratis dengan platform ini jauh lebih mudah. WordPress.com mempunyai pustaka atau library yang berisi topik responsive yang bisa ditata dan disamakan. Adanya block editor yang live dan intuitif, Anda dapat membuat blog dalam waktu kurang dari satu hari dan tiada implementasi coding atau kekuatan teknis yang lain.

Manajemen blog bisa juga dikerjakan lewat program WordPress yang ada di perangkat iOS dan Android.

Bila ingin mendapatkan ruangan penyimpanan yang semakin banyak, aktifkan domain sendiri, mengoptimalkan blog selaku sumber pendapatan, dan memperoleh kontribusi lewat e-mail dan chat, paket gratis harus diperbarui ke paket berbayar. Paket individual mempunyai mekanisme pembayaran pertahun walau biaya berlangganannya dihitung 4 USD/bulan. Jika ingin meng-install plugin, paket yang diputuskan ialah Business dengan biaya berlangganan sejumlah 25 USD/bulan.

Medium

cara membuat blog - medium

Medium diperuntukkan untuk Anda yang cuman ingin menulis dan tidak demikian mempedulikan faktor pengerjaan dan design blog. Anda bisa menulis bermacam tema yang akan dibaca oleh nyaris 100 juta pembaca tercatat.

Tidak ada biaya yang diberikan ke penulis, dan pemakaiannya cukup mudah. Anda langsung bisa menulis dan menerbitkan content. Bentuknya yang rapi dan minimalis akan memfokuskan perhatian pengunjung untuk membaca content Anda. Kesempatan untuk ada di halaman pertama mesin perayap lumayan tinggi sebab Medium mempunyai domain authority sebesar 96.

Kecuali dapat dibaca oleh juta-an subscriber, content yang Anda catat bisa juga diuangkan lewat Medium Partner Program. Nanti artikel direferensikan ke pembaca yang telah berlangganan. Tetapi harus diingat, artikel itu harus melalui quality cek yang dikerjakan oleh team editorial Medium lebih dahulu. Pembayaran untuk artikel Anda didasari dalam jumlah pembaca dan akan dikirimkan perbulan.

Tumblr

cara membuat logo - tumblr

Tumblr ialah platform blogging yang paling terkenal di kelompok beberapa anak muda. Isinya interaktif dan mekanismenya nyaris sama dengan sosial media. Beberapa orang dapat sama-sama follow blog semasing. Niche atau tema yang dibahas juga bermacam hingga komune didalamnya lebih variasi.

Buat blog gratis adalah keunggulan Tumblr. Anda tinggal membuat account dan memakai subdomain yang sudah disiapkan, terkecuali awalnya Anda telah mempunyai domain sendiri. Untuk yang pertamanya kali memakai Tumblr, kemungkinan sedikit bingung waktu menjalankan sisi dasbor sebab tempat ini berperan selaku feed.

Ada tujuh tipe postingan di Tumblr, yakni teks, kutipan (quote), tautan (link), percakapan (chat), foto, video, dan audio. Pembaca bisa tinggalkan tanggapan, memberikan sinyal senang, reblog, serta bagikan posting. Satu kembali kelebihan Tumblr, yakni pemakai dapat menambah hashtag ke isinya.

Tumblr mempunyai library yang berisi bermacam koleksi topik yang bisa dipilih dan dikelola. Namun, ada batas berapa banyak perombakan yang dapat dikerjakan oleh pemakai.

Blogger

cara membuat blog - blogger

Blogger kerap dituju oleh beberapa orang yang ingin mengenali cara membuat blog individu. Ini tidak terlepas dari kesederhanaan mekanisme yang diberi dan pun tidak ada kewajiban untuk berlangganan hosting. Anda cuman diharuskan untuk mempunyai account Gmail supaya bisa jalankan platform gratis ini. Satu subdomain akan diberi di saat registrasi dan pembuatan account.

Dashboard Blogger direncanakan semudah kemungkinan supaya pemakai baru dapat membuat blog sendiri. Dimulai dari meng-install template, menambah widget, mengupload file medium, sampai menerbitkan posting. Baiknya kembali, Blogger telah terpadu Google AdSense hingga Anda dapat selekasnya mendapatkan pendapatan lewat blog. Untuk bagikan content, pakai service Google+ dan tombol share bawaan. Bila ingin mengenali perform blog, ada feature statistics report (laporan statistik) yang memperlihatkan datanya.

Cara Membuat Blog

Dibagian ini, kami akan mengulas tutorial membuat blog dimulai dari pemilihan provider hosting sampai meng-install platform blogging. Tidak itu saja, kami akan memberi bermacam panduan membuat blog supaya yang akan datang Anda dapat berhasil.

1. Tentukan Niche

Bila sekarang ini Anda sedang jalankan satu project atau membentuk bisnis online, lewat blog Anda dapat bagikan info tentang pelayanan, produk, dan misi serta visi perusahaan. Pembaca yang tertarik dengan pengkajian yang dihidangkan akan berkunjung di blog Anda. Anda juga bisa mengakuisisi pemakai baru dengan mudah. Win-win solution, kan?

Jika yang Anda mencari ialah cara buat blog individu, Anda punyai semakin banyak kesempatan. Daftar niche atau tema lebih luas, dimulai dari traveling (cerita perjalanan), tehnologi, informasi, makanan, musik, sampai sepatu. Karena sangat jumlahnya, Anda bebas pilih satu niche untuk jadi tema khusus blog.

Peranan niche benar-benar penting dalam pengerjaan blog. Oleh karenanya, jangan sampai tergesa-gesa dalam memastikannya. Kami anjurkan untuk lakukan penelitian lebih dahulu.

Salah satunya cara membuat blog yang menarik dengan membahas tema yang dicintai. Anda lebih santai dalam melakukan dan hasilnya semakin lebih baik. Audience akan berasa senang setiap saat membaca posting Anda.

Apa yang dimaksud niche?

Anda punyai pertanyaan? ingin tahu akan suatu hal? atau ingin membaca penjelasan produk saat sebelum memilih untuk beli? Tentunya Anda akan menuliskan keyword berkaitan dan lakukan penelusuran, kan? Nah, info yang didapat berikut yang menjadi asal-mula niche. Jangkauan niche benar-benar luas, dapat apa. Misalkan, supaya masih up-to-date dengan informasi fashion, blog yang Anda turuti ialah blog mode. Kebalikannya, bila tidak ingin tertinggal informasi musik terbaru, blog yang dituruti tentulah sekitar lagu dan vokalis pendatang baru. Sebenarnya, apa yang dimaksud niche?

Niche ialah tema atau tempat yang menjadi konsentrasi khusus dari blog Anda. Misalkan, Anda profesinya selaku musisi. Maka, niche blog akan condong menceritakan masalah musik. Sebab tema musik benar-benar luas, cari yang spesifik. Anda dapat membahas beberapa lagu hip-hop atau yang bergenre pop.

Cara memilih niche

Pilih niche blog benar-benar memerlukan waktu yang lama. Tetapi, dengan mengikut beberapa langkah berikut ini, pemilihan niche dapat menjadi lebih mudah.

  • Buatlah daftar berisi beberapa hal yang Anda gemari atau kuasai, misalkan masalah pekerjaan, rutinitas setiap hari, atau aktivitas bercocok tanam.
  • Lakukan penelitian dengan cari info masalah blog yang ambil niche yang serupa. Cek sasaran pasar untuk mengenali apa niche yang diputuskan bisa dikeduk lebih dalam atau mungkin tidak. Tulis konten yang dibahas di semasing blog, misalkan glosarium, panduan, atau project spesifik.
  • Sama seperti yang telah disebut, cari niche yang lebih spesifik. Misalkan, aktivitas bercocok tanam adalah tema yang paling luas. Tentunya ada beberapa blog yang membahas tema ini. Oleh karenanya, persempit ruangannya dengan mengulas cara menanam sayur untuk pemula atau bagaimana mengganti aktivitas bercocok tanam jadi rutinitas membahagiakan untuk beberapa anak.
  • Jika ingin blog hasilkan beberapa rupiah untuk Anda, cari niche yang ‘menjual’. Adakah produk berjualan dalam lingkup niche yang dipilih? Apa produk itu memakai AdWords? Dan apa blog pesaing tawarkan space iklan atau menempatkan spanduk? Check seluruh ini untuk tentukan cara Anda seterusnya.
  • Pilih niche yang Anda kuasai. Tiap pembaca ingin memperoleh info yang komplet dan memberikan kepuasan rasa ingin tahu mereka. Jika Anda cuman ‘sekadar’ menulis posting, pembaca blog akan mendapatkan info yang ‘setengah-tengah’. Jadi, meninggalkan tema yang tidak dicintai dan cari niche yang betul-betul Anda ketahui.
  • Melakukan blogwalking yang berkaitan dengan niche Anda. Suatu hal yang lepas diulas oleh blog pesaing menjadi niche yang menarik untuk dibahas.

2. Pilih Web Hosting

Sesudah tentukan niche blog, cara setelah itu pilih platform blogging. Platform blogging ialah software atau service untuk menerbitkan blog dan isinya.

Apa itu web hosting?

Supaya blog dapat diakses di World Wide Web, Anda harus berlangganan web hosting lebih dahulu. Nanti ada beberapa ruang yang didistribusikan untuk menyimpan file dan data blog. Ada dua jenis platform, yaitu platform gratis dan platform self-hosted. Berikut akan kami terangkan lebih rinci berkenaan dua type itu.

Platform gratis

Pemula yang ingin tahu cara membuat blog gratis dan mudah dapat pilih platform ini. Namun, semestinya service gratis, platform ini mempunyai batas dan ketentuan yang perlu dipatuhi. Tidak hanya pemakaian subdomain platform ada di belakang URL blog (bloganda.situsplatformblog.com), Anda pun tidak dapat meniadakan atau menonaktifkan iklan yang dipasang di blog. Mau tidak mau Anda harus terima kehadiran iklan ini walau tidak sesuai ide blog atau bahkan juga tidak bisa diuangkan. Bila ingin memperoleh kebebasan lebih dalam mengatur iklan dan URL, kami anjurkan untuk membuat blog di platform self-hosted.

Platform self-hosted

Platform self-hosted membolehkan Anda untuk memakai nama domain sendiri. Itu bermakna tidak bakal ada kembali subdomain platform ada di belakang URL blog. Anda pun bebas meng-install Sistem Manajemen Konten atau yang dipersingkat CMS. WordPress, Joomla, dan Drupal ialah tiga contoh CMS yang sering dipakai belakangan ini.

Platform self-hosted tidak gratis. Anda harus keluarkan beberapa ongkos untuk abonemen situs hosting dan membuat domain. Kemudian, Anda baru dapat aktifkan CMS. Umumnya CMS memiliki sifat open-source dan gratis.

3. Mendaftar Nama Domain

Alamat URL unik yang dipunyai tiap website disebutkan nama domain. Sebab nama domain tentukan kesuksesan blog Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan. Juga janganlah sampai tergesa-gesa dalam mendaftarkannya. Lakukan dengan berhati-hati. Jika perlu, pakai alat domain name generator untuk mendapatkan beberapa nama domain yang prospektif.

Bila telah ada calon domain, cek ketersediaannya dengan tool cek domain. Tool ini akan tampilkan nama domain yang dikombinasikan dengan bermacam ekstensi. Tentukan ekstensi yang menurut Anda paling cocok.

Apa itu domain?

Di dunia web hosting, nama domain dimisalkan alamat sebuah bangunan. Berikut sejumlah hal berkaitan pengertian domain yang perlu Anda pahami:

  • Nama domain diibaratkan menjadi alamat sebuah tempat.
  • Nama domain terdiri dari nama website (misalkan Maspedia) dan ekstensi nama domain (misalkan,.co.id).
  • Seluruh register nama domain diatur oleh ICANN.
  • Cara kerja domain mengarahkan pengunjung ke server yang tepat (waktu mengakses website).
  • Domain.com adalah nama domain yang terpopuler dan dipakai oleh 46.5% website.
  • ccTLDs memakai kode negara dan merujuk pada wilayah geografis (misalkan,.cn atau.es).
  • gTLD adalah perpanjangan nama domain yang dipakai untuk tujuan spesifik (misalkan,.org untuk organisasi).
  • Setiap registrar menawarkan proses daftar domain berbeda.
  • Anda bisa memakai fitur mencari domain untuk mengetahui tersedianya nama domain yang Anda harapkan.
  • Domain bisa ditransfer dari 1 provider ke provider yang lain.
    Server adalah mesin fisik yang menyimpan file website.

4. Meng-install Platform Blogging

Content Management System (CMS) ialah platform yang paling sesuai bila Anda ingin coba cara membuat blog baru. Dengan CMS, Anda bisa:

  • Membuat blog tak perlu mempelajari coding dan bahasa pemrograman yang lain lebih dahulu.
  • Menerbitkan konten dan membuat konten baru.
  • Mendedikasikan diri seutuhnya untuk menulis konten, tak perlu mencemaskan faktor teknis.
  • Menambah fitur baru dengan kontribusi plugin dan module.
  • Mengatur penampilan blog dengan mengaplikasikan tema gratis yang berada di library CMS.

Tiga platform blogging yang kami rekomendasikan:

  1. WordPress
  2. Joomla
  3. Drupal

WordPress

cara membuat blog - wordpress.com

WordPress ialah CMS yang terpopuler. Tidaklah aneh jika beberapa orang yang memakai platform ini untuk membuat blog. Disamping itu, WordPress memberi kemudahan setup sebab tidak mewajibkan usernya untuk mengerti coding.

Kami juga termasuk pemakai WordPress sebab memakai CMS ini menjadi platform blogging.

Kelebihan:

  • Mudah dipakai dan dikendalikan oleh pemula (beginner-friendly).
  • Mempunyai library plugin dan tema gratis.
  • Memberi kemudahan manajemen SEO.

Kekurangan:

  • Sering dilakukan pembaruan (update).
  • Mewajibkan pemeliharaan (maintenance) secara periodik.

Joomla

cara membuat blog - joomla

Joomla ialah saingan WordPress yang sama memiliki sifat open-source dan jadi rumah untuk banyak blog.

CMS ini bisa diinstal dan diatur tak perlu kuasai mekanisme coding lebih dahulu. Bahkan juga menurut beberapa orang, menerbitkan konten blog di Joomla lebih mudah dibandingkan platform yang lain. Tetapi, itu seluruh kembali lagi ke penilaian masing-masing pemakai.

Jumlahnya koleksi perpanjangan dan plugin gratis menjadikan Joomla selaku platform yang pas untuk blogging.

Kelebihan:

  • Bisa diinstal dan dikelola dengan mudah oleh pemula (beginner-friendly).
  • Mempunyai admin dashboard yang intuitif.
  • Menawarkan lebih dari 70 opsi bahasa.

Kekurangan:

  • Kurang fleksibel bila dibanding dengan WordPress atau Drupal.
  • Mekanisme keamanan yang sempat melemah.

Drupal

cara membuat blog - drupal

Drupal ialah sistem manajemen konten yang disukai di kalangan web developer.

CMS ini tawarkan pilihan kustomisasi terbaik, khususnya yang terkait dengan penggunaan sejumlah fitur kompleks.

Berbeda dari WordPress dan Joomla, Drupal mewajibkan usernya untuk memahami sistem coding. Meski begitu, blog yang dibuat lebih fleksibel.

Kelebihan:

  • Lebih diperuntukkan untuk web developer.
  • Tawarkan penambahan dan pengaktifan sejumlah fitur yang lebih kompleks.
  • Fleksibel dan aman.

Kekurangan:

  • Pengoperasian yang lebih sulit dibanding WordPress dan Joomla
  • Mewajibkan penguasaan sektor teknis.
  • Cakupan komunitas blog-nya lebih sempit.

5. Menerbitkan Konten dan Membangun Blog

Tiga platform blogging telah Anda kenali cara installnya. Sesudah ini, kami akan mengulas sisi penting yang lain dari blog, yaitu konten.

Bagaimana semestinya konten dibuat?

Buatlah konten yang informatif dan bermanfaat untuk sasaran audience Anda. Jangan sesekali menerbitkan konten yang tidak terkuasai atau Anda sendiri tidak punyai waktu untuk menguliknya lebih jauh.

Selaku blogger, pasti Anda mengharap pembaca lagi bertandang di blog Anda. Tidak hanya memastikan kualitas konten, Anda pun harus inovatif. Supaya menarik, tambahkan photo, grafis, atau medium visual yang lain yang sama style tulisan Anda ke konten atau posting.

Aktifkan kotak kometar di tiap posting supaya pembaca dapat berbicara secara virtual dengan Anda. Minta opini atau anjuran dan kritikan berkenaan posting atau apa yang ingin mereka baca nanti di blog Anda.

Saat membuat konten, janganlah lekas berekspektasi jika blog akan ramai. Satu posting memerlukan saat yang cukup lama untuk tampil di halaman awalnya mesin perayap seperti Google. Tetapi, ini janganlah sampai menurunkan semangat Anda. Tetaplah membuat postingan yang bermutu. Sedikit demi sedikit, bangunlah blog yang tawarkan jalan keluar untuk pembacanya.

Halaman statis

Halaman statis ialah halaman yang tetap sama dan umumnya berisi konten yang statis juga. Melengkapi blog dengan halaman statis, misalnya:

  • Mengenai kami (about us) – Di halaman ini, tambah info tentang siapa Anda dan kenapa blog ini dibuat. Tulis tujuan blog, apa diprioritaskan untuk kepentingan usaha, hoby, atau cerita pribadi.
  • Kontak (contact) – Di halaman ini, Anda dapat tampilkan alamat e-mail, akun sosial media, e-mail untuk berlangganan, atau alamat contact yang lain yang mempermudah pembaca untuk berkomunikasi dengan Anda.
  • Sidebar/Menu – Kolom atau bar yang berada di atas layar, seperti kategori blog, iklan, halaman statis lain, dan lain-lain.

Konten dan postingan blog

Postingan blog (blog post) – Di postingan blog, Anda bebas menerbitkan apa saja, dimulai dari teks, foto, sampai video. Anda bisa juga memadukan ke-3 media ini untuk menciptakan artikel yang informatif.
Konten yang tidak mengenali musim – Bukan bermakna Anda jangan menerbitkan postingan yang hanya berlaku ketika hanya itu. Bukan berarti juga Anda tidak boleh membahas konten dengan mengikut tema yang lagi tren. Anda bisa menulis konten apa saja. Namun, semakin lebih baik jika konten yang dibuat ialah konten yang berkaitan dengan audience kapan saja dibaca. Yakinkan selalu untuk mengupdate konten dengan info terkini dan benar.

Apakah yang dimaksud dengan strategi kontent?

Strategi konten yang diartikan di sini yaitu rencana manajemen konten periode panjang yang akan diaplikasikan di blog.

Bila tidak ada rencana yang masak, Anda akan kesulitan dalam membuat posting yang mengundang perhatian pembaca. Apa lagi ada lebih dari 4.4 juta postingan blog yang diterbitkan sehari-harinya.

Disini strategi konten berperanan penting. Sampaikan beberapa pertanyaan berikut ini ke diri kita:

  • Kenapa Anda membuat blog dan menulis konten?
  • Jenis konten apakah yang harus dibuat?
  • Apa konten yang dibuat dapat mencapai tujuan yang diinginkan? Dan bagaimana triknya?
  • Cara merencanakan strategi

Berikut tutorial singkat untuk membuat taktik yang bagus:

  1. Tentukan tujuan. Apakah yang ingin Anda raih dengan membuat blog? Coba untuk lebih spesifik. Misalkan, Anda ingin datangkan 3000 pembaca ke blog di akhir bulan atau optimasi dua postingan supaya tampil di halaman pertama Google dalam kurun waktu dua minggu.
  2. Lakukan penelitian audiens. Siapakah yang menjadi sasaran blog Anda? Cari info konten apakah yang mereka gemari, beberapa masalah yang sering dijumpai, dan platform sosial media yang dipakai.
  3. Membuat daftar tema dan keyword yang mempunyai potensi. Tiap posting harus mempunyai keyword. Tetapkan keyword sasaran yang dapat bawa posting Anda ke halaman pertama Google. Pakai alat seperti Google Keyword Planner, Ahrefs Keyword Explorer, dan SEMrush Keyword Research. Keyword yang digunakan harus sesuai niche.
  4. Membuat agenda. Supaya Anda masih stabil dan produktif, buatlah agenda kapan harus menulis blog dan kapan harus menerbitkannya.
  5. Sebarkan konten blog ke sosial media, buat mailing daftar, dan lakukan backlink. Cari info performa blog Anda di Google Analytics.

6. Mempromosikan Blog

Sebab timbulnya posting di halaman paling depan Google memerlukan waktu lama, kehadiran blog Anda jadi susah untuk dipahami. Salah satunya cara supaya blog Anda diketahui beberapa orang dan mencapai audience yang pas dengan mempromokannya.

  • Dari mulut ke mulut, di kelompok keluarga dan rekan-rekan – berikan tahu beberapa orang paling dekat jika Anda saat ini punyai blog sendiri. Minta kontribusi mereka untuk menebarkannya lewat sosial media. Jika perlu, tambah mereka di mailing daftar supaya tidak tertinggal content terkini.
  • Tambah blog ke mesin perayap – blog Anda akan di-index. Itu bermakna blog Anda akan ditambah ke daftar situs mesin perayap. Buat account di Google dan tentukan Submit URL di Webmaster Alat. Selain Google, Anda bisa juga menambah blog ke Bing dan mesin perayap yang lain.
  • Jadilah blogger yang aktif – saksikan blog, sosial media, komunitas, dan medium yang lain yang berkaitan dengan niche. Bersatulah di komune blogging untuk membuat jalinan tidak cukup dengan blogger dan juga audience.
  • Aktif di jaringan sosial – Supaya blog mendapatkan semakin banyak lawatan, langkah pertama yang perlu Anda kerjakan ialah mengikut blog lain dalam lingkup niche. Catat tanggapan di posting dan buat jaringan.
  • Guest post – pasarkan layanan menulis posting di website atau blog lain. Yakinkan blog yang diputuskan punyai rekam jejak yang bagus dan memakai niche yang serupa.
  • Mailing list – kirim e-mail ke pembaca yang berisi artikel terkini atau penawaran kedepan. Makin banyak orang yang menunggu kedatangan posting blog, makin baik juga respon yang diberi.
  • Iklan atau traffic berbayar – iklan dilihat selaku salah satunya taktik marketing terhebat. Anda dapat mempromokan blog dengan menempatkan iklan di Facebook atau Google AdWords. Pakai pilihan ini cuman jika Anda betul-betul telah mempunyai anggaran yang didistribusikan untuk iklan.

7. Menghasilkan Uang Melalui Blog

Tidak hanya jadi tempat untuk salurkan pendapat dan membagikan informasi, blog bisa juga jadi sumber penghasilan utama atau sampingan. Kurang lebih, bagaimana, ya, cara membuat blog yang hasilkan uang?

  • Menempatkan iklan di blog – pilih iklan yang detail dan berkaitan dengan sasaran audience atau sesuai tema yang ditulis. Anda dapat memulai strategi ini memakai Google Adsense.
  • Program afiliasi – lewat program ini, Anda akan bekerja bersama dengan pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Nanti Anda akan mendapatkan komisi. Untuk masuk di program ini, blog Anda harusnya punyai trafik yang tinggi dan kredibel. Sebagai affiliate, Anda akan diberi link afiliasi untuk terpasang atau diikutkan di blog.
  • Jual produk dan layanan – Anda dapat jualan produk dan service sendiri di blog. Install socketin eCommerce, misalkan WooCommerce, dan beri keringanan untuk audience untuk cari produk yang diharapkan, menambahnya ke keranjang berbelanja (cart), dan membayar.
  • Postingan bersponsor – jika blog telah ramai, kesempatan untuk faksi lain menempatkan iklan di blog Anda makin terbuka lebar. Arah ditaruhnya iklan di blog yang trafficnya tinggi untuk tingkatkan exposure. Pembayaran akan didasari pada berapa banyak posting itu di-click, jumlah lawatan, atau transaksi bisnis.
  • Mengganti blog menjadi portofolio online – jika Anda punyai kekuatan menulis yang bagus, gantilah blog jadi situs yang sediakan layanan tulisan. Anda bisa juga melangsungkan workshop online mengenai kepenulisan atau tawarkan diri selaku penulis terlepas.

Apa yang Jadi Faktor Kegagalan Blog?

Ada banyak faktor yang menyebabkan suatu blog gagal.

  • Kurangnya passion. Tidak ada alasan lagi untuk blogging.
  • Salah memilih niche. Manajemen blog akan semakin sulit.
  • Hanya berfokus pada tulis-menulis.
  • Tidak menerapkan praktik SEO. Dan Anda juga seolah tidak ‘peduli’ apakah konten mampu mengarahkan lebih banyak trafik atau tidak.
  • Membuat konten yang kurang berkualitas. Informasi yang disampaikan sama sekali tidak berguna dan tidak bernilai. Jadi, untuk apa pembaca kembali ke blog Anda?
  • Mempromosikan konten dengan metode yang salah. Bisa jadi target audiens yang tidak tepat atau konten tidak dibuat untuk pembaca blog saat ini.
  • Blog tidak mobile-friendly. Sebanyak 51.98% trafik internet berasal dari pengguna perangkat mobile.

Di penghujung tahun 2020, jumlah blogger di Amerika Serikat diprediksi akan bertambah hingga 31,7 juta orang. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Terlebih lagi dengan adanya pandemi global ini, hampir semua orang menghabiskan waktu di rumah. Tak menutup kemungkinan akan ada banyak blog baru bermunculan. Jadi, kalau tidak ada faktor pembeda yang menjadikannya unik, blog Anda akan gagal.

Kesimpulan

Kini Anda sudah tahu cara membuat blog dan apa saja yang dibutuhkan agar blog berhasil menarik pembaca dan jumlah trafiknya meningkat. Jika masih ada pertanyaan seputar cara buat blog atau sekadar membagikan kritik dan saran, silakan tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.