Daftar Riwayat Hidup
Daftar Riwayat Hidup

10 Langkah Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Pemula

Daftar Riwayat Hidup adalah bagian terpenting yang kita perlukan untuk dilampirakan dalam surat lamaran kerja atapun surat – surat yang penting lainnya, dalam membuat Daftar Riwayat Hidup kita harus melampirkan sejarah real tentang penglaman kita sesuai kebutuhan.

Apabila kebutuhan anda dalam membuat Daftar Riwayat Hidup adalah untuk melamar pekerjaan maka anda lampirkan semua riwayat atau pengalaman bekerja anda selama ini.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda beda dalam hal pembuatan lamaran kerja, perusahan memperbolehkan semua pelamar atau calon karyawannya untuk melampirkan Daftar Riwayat Hidup dalam betuk fisik berupa lembaran maupun Daftar Riwayat Hidup yang berupa document atau pdf.

Menulis Daftar Riwayat hidup merupakan hal yang mudah untuk kita lakukan , namun bagi meraka yang baru lulus dari sekolah, dan belum pernah sama sekali membuat surat lamaran pekerjaan serta dalam menulis daftar riwayat hidup mungkin hal ini akan membuat anda kebingungan bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup dalam bentuk dokumen(doc,pdf),

Dalam bentuk print fisik maupun dalam betuk penulisan manual (kerta folio),setelah bisa menulis daftar riwayat hidup mungkin kalian juga butuh Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja bila sewaktu-waktu kalian bosan dengan pekerjaan lama dan ingin mencari pengalaman baru.

karna itulah kami akan memberikan contoh penulisan daftar riwayat hidup yang baik dan benar graduate berupa tulisan tangan ataupun dalam bentuk file doc or pdf.

Daftar Riwayat Hidup adalah salah satu lampiran yang sangat peting dalam membuat Cv lamaran pekerjaan untuk suatu perusahaan dan instansi tempat anda melamar,

Oleh karena itu dalam penulisan dan pembuatan daftar riwayat hidup kita harus membautnya dengan sebaik mungkin dari segi bahasa , penulisan, Ejaan EYD, dan Kerapian. hal ini akan menambah nilai A plus bagi anda yang sedang melamar pekerjaan maka dari itu ikutilah contoh dibawah ini cara dan panduan pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Daftar Riwayt hidup ini diperuntukan untuk lulusan apa saja entah itu pembuatan daftar riwayat hidup untuk lulusan SMP, SD, SMK, KULIAH, dan juga bisa dijadikan sebagai contoh panduan pembuatan daftar riwayat untuk pelamar kerja Spg, untuk yang mau mendaftar Cpns, Satpam dan lain sebagainya, contoh daftar riwayat hidup hampir semuanya sama bila untuk melamar suatu pekerjaan.

Akan tetapi ada juga beberapa jenis contioh dafar riwayat hidup tulisan tangan atau manual, dalam contoh penulisan riwayat hidup itu ada dimana dalam bagiannya terdapat baris bidang pengalaman dalam baris bidang pengalaman ini kita harus menulis prengalaman- pengalaman apa saja yang pernah kita dapat dalam berkerja dengan perusahaan lain,

contoh seperti berapa lama anda dalam perusahaan itu, di perusahaan itu anda bekerja dalam bagian apa? dan juga apa alasan anda resign dari perusahaan terdahulu? untuk hal ini kami sarankan anda isi dengan hal yang positif dari pengalaman anda sendiri, jangan anda tulis hal yang membuat imaj anda rusak ketika HRD perusahaan yang tempat anda melamar tau bahwasanya anda memiliki masalah dalam tempat kerja yang lama.

Penulisan bagaian bidang pengalaman untum frash graduate diisi denga pengalaman anda selama prekerin(prektek kerja lapangan) selama anda berada disekolah(bagi Lulusan SMK),pelatihan yang pernah diikuti maupun prestasi- prestasi dalam lomba, bagi lulusan SMA bisa diisi denngan prestasi ataupun kegitan pelatihan yang pernah diikuti serta ikut setakan lampiran sertifikat yang didapaat dari kegitan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan daftar riwayat hidup secara manual, pembuatan secara manual ini beda dengan yang lainnya karna harus rapi dalam segi penulisan dan penempatan tulisan.

Apabila tulisannya saja tidak rapi maka si penerima Surat lamaran pekerjaan anda akan menilai anda sepontan dari tulisan anda, dan itu kebanyakan adalah penilain yang buruk buat anda sendiri. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda persiapkan dalam pembuatan daftar riwayat hidup yang baik dan benar agar terlihat profesional dan dedikatif.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Secara Manual Yang baik dan Benar

  1. Siapkan kertas folio atau legal bergaris sebanyak yang anda perlukan untuk pastikan kertas yang anda gunakan tidak sobek, tercoret coret serta kusut.
  2. Tulis lah dafar riwayat hidup anda sendiri dengan rabi dan ejaan yang benar, tetapi bila tulisaan anda tidak rapi bisa anda meminta tolong saudara anda yang mempunyai penulisan yang rapi, karna kerapian dalam penulisan seperti yang kita bahasa diatas tadi bahwa kerapian menuntukan imaj anda pertama kali dalam mata HRD perusahaan tersebut
  3. Gunakan tinta yang bagus agar tulisan tidak tergores kemana mana, warna tinta biasanya yang digunakan adalah warna hitam dan biru tetapi alangkah bagusnya gunakan tinta warna hitam saja
  4. Tulislah dengan urutan yang benar jangan asal-asalan di mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan lain sebgainya bisa dilihat contoh dibawah ini.
  5. Isilah daftar riwayat hidup ini dengan jujur sesuai dengan pengalaman anda, jangan sampai anda membuat pernyataan palsu dalam pembuatan daftar riwayat hidup.
  6. Anda juga bisa menambahkan pendidikan  informal yang pernah anda ikut dan kalau anda ikut sebuah organisasi yang besar bisa dimuat dalam daftar riwayat hidup juga.
  7. Tulislah pengalam berkerja anda untuk yang baru lulus bisa tulis pengalaman prektik kerja lapangan, pelatihan yang pernah diikuti dan prestasi yang pernah diraih.
  8. Lampirkan juga sertikifat yang pernah anda perolah selama berkerja atau disekolah.
  9. Hindari pencoretan dibagian yang salah dengan type x ataupun alat bantu coret lainnya karan hal ini membuat tidak rapi. Dibagian ahir anda dapat menyertakan tanda tangan anda dibagian kanan bawah surat.

BACA JUGA: Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Dari Perusahaan Secara Resmi

Kekurangan Dari Penulisan Daftar Riwayat Hidup secara Manual (Tulis Tangan)

  1. Menghabiskan waktu yang lama dalam pembautannya.
  2. Membutuhkan Banyak Kertas.
  3. Tidak Cocok Untuk anda yang mempunyai tulisan yang tidak rapi.
  4. Tidak efisein.
  5. Terkesan Jadul karna di jaman modern sekrang ini sudah banyak sekali media mail eletronik yang bisa dimanfaatkan.
  6. Hasilnya sudah pasti Rapih dan bagus.

Kelebihan Dari Penulisan Daftar Riwayat Hidup secara Manual (Tulis Tangan)

  1. Cocok untuk pelamar kerja yang GAPTEK
  2. Hemat biaya karna anda tidak perlu mencetaknya
  3. Pembuatanya terbilang mudah dibanding dengan yang lain
  4. Tidak perlu Belajar MS Word dalam pembuatannya

Dari poin Diatas kita bisa menyimpulkan untuk menjadi rujukan anda dalam pembuatan daftar riwayat hidup, bisa dengan secara tulis tangan maupun dengan print, semua pasti memiliki kekurangan dan kelebihan dalam pembuatan daftar riwyat hidup yang anda pilih,

tetapi anda harus kembali lagi ke perusahaan yang ingin anda ajuakan lamaran pekerjaan,  karna setiap perusahaan mempunyai requset yang berbeda, yang menginginkan secara tulisan tangan ada juga yang menginginkan dalam bentuk doc atau documen elektronik.