3 Jenis Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis dan Cara Mengaturnya

Teknologi Terbaru –  Pesan otomatis WhatsApp bisnis merupakan metode untuk mengotomatiskan keseluruhan chat, dan aliran percakapan yang masuk. Hal tersebut bisa membantu pemilik bisnis, melakukan komunikasi dengan para konsumen di dalam maupun luar jam kerja. Sehingga kualitas pelayanan serta kepuasan konsumen lebih terjaga.

Baca juga : Aplikasi Penyadap WhatsApp 

Manfaat dan Cara Mengatur Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis

Aplikasi pesan WhatsApp mulai bisa masyarakat pakai sejak tahun 2009 silam. Seiring dengan kepopulerannya, aplikasi ini tak hanya mendukung keperluan pesan secara personal. Namun juga menjadi penunjang kelancaran bisnis.

Hadirnya WhatsApp bisnis di tahun 2018, menjadi fasilitas mumpuni bagi para pelaku usaha baik kecil, menengah hingga besar. Sehingga proses pemasaran dan komunikasi antara penjual dan pembeli jauh lebih efektif.

WhatsApp bisnis memiliki beberapa fitur unggulan untuk perkembangan usaha Anda. Salah satunya pesan otomatis WhatsApp bisnis, yang pemanfaatannya lebih optimal untuk mendukung pemasaran berbasis aplikasi.

Cara Mengatur Pesan Otomatis di Aplikasi WhatsApp Bisnis

Proses membuat pesan otomatis WhatsApp bisnis bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah memiliki aplikasi terlebih dahulu, serta mendaftar akun baru. Jangan lupa untuk melengkapi segala keperluan untuk profil bisnis.

Biasanya, kebutuhan profil meliputi nama usaha atau identitas Anda juga bisa. Selanjutnya perlu memasang logo, tipe bisnis, jam operasional, alamat toko jika ada, serta status tautan. Anda boleh menambahkan keterangan lainnya sesuai kebutuhan.

Semakin lengkap profil bisnis, tentunya akan lebih bagus. Sehingga para calon konsumen yang membutuhkan keterangan bisa langsung mendapatkannya dari profil tersebut. Jika sudah, langkah berikutnya membuat pesan otomatis WhatsApp bisnis seperti berikut ini.

  1. Pertama, silahkan membuka aplikasi WhatsApp bisnis di perangkat smartphone Anda.
  2. Kemudian, klik ikon titik tiga di sebelah pojok paling atas.
  3. Setelah muncul beberapa menu, silahkan pilih Business tools.
  4. Selanjutnya klik opsi Quick replies, dan ketuk Add.
  5. Atur pesan yang ingin Anda kirimkan ke konsumen secara otomatis. Pastikan kalimatnya menggunakan bahasa baku dan sopan untuk menjangkau semua kalangan.
  6. Setelah itu, simpan pesan dengan klik menu Save.

Cara Mengatur Pesan WhatsApp Otomatis Secara Default

Kelebihan lain yang aplikasi WhatsApp bisnis hadirkan untuk para penggunanya, yakni fitur pesan otomatis secara default. Untuk membuatnya silahkan mengikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu obrolan dan ketuk opsi ‘Attach’.
  2. Kemudian, pilih Quick replies.
  3. Jika ingin menambahkan lampiran pada pesan WhatsApp otomatis, ketuk kembali pada Attach di room chat lalu pilih Quick Replies.
  4. Setelah itu tentukan balasan cepat yang Anda inginkan.
  5. Maka pesan akan langsung muncul di dalam kolom input teks.
  6. Anda juga bisa mengatur pesan secara khusus, atau langsung mengirimkannya kepada konsumen.

Jenis-Jenis Pesan Otomatis di Aplikasi WhatsApp Bisnis

Mengutip dari beberapa sumber, ada beberapa jenis pesan otomatis WhatsApp bisnis, yang bisa pengguna pakai untuk menunjang pelayanan. Jenisnya meliputi greeting message atau sapaan, away message atau pesan jauh dan quick replies yaitu balasan cepat.

Ketiga jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sehingga pengguna bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan. Agar semakin memahami, silahkan mencermati penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Greeting Message (Pesan Sapaan)

Greeting message merupakan bagian sambutan yang tertera secara umum, untuk merespon pesan maupun pertanyaan konsumen secara otomatis. Biasanya pesan ini akan langsung muncul untuk obrolan baru, maupun aktivitas chat yang tidak memiliki interaksi lagi setelah 14 hari.

2. Away Message (Pesan Jauh)

Pesan ini berguna untuk tetap memaksimalkan pelayanan, meskipun pemilik bisnis sedang tidak bisa menanggapi secara cepat atau off. Selain itu, away message juga membantu melakukan penetapan jadwal. Misalnya terkait jam kerja perusahaan maupun segala bentuk operasional bisnis. Isi pesannya memberi informasi kepada pelanggan, jika telah menerima chat mereka, dan akan membalas secepat mungkin.

3. Quick Replies (Template Balasan Cepat)

Fitur ini berfungsi untuk menyesuaikan beberapa template pesan, yang bisa pengguna pakai di dalam kotak obrolan dengan menerapkan kata kunci setelah ‘/’.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang pesan otomatis WhatsApp bisnis, untuk membuat aktivitas komunikasi dalam usaha lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat!