5 Cara Presentasi di Google Meet Lewat Laptop dengan Benar
pixabay.com

5 Cara Presentasi di Google Meet Lewat Laptop dengan Benar

Cara presentasi di Google Meet lewat laptop sebenarnya memang cukup mudah. Akan tetapi, pada kenyataannya masih tidak sedikit orang yang tidak mengerti cara melakukanya.

Presentasi sebenarnya adalah kegiatan berbicara atau berkomunikasi di depan orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, atau lainnya sebagai narasumber. Dulu mungkin presentasi hanya dilakukan secara offline di dalam ruangan dengan slide show.

Kemajuan zaman saat ini membuat presentasi bisa dilakukan secara online dengan Google Meet. Tentu saja presentasi online ini tidak jauh berbeda dengan presentasi offline seperti jaman dulu.

5 Cara Presentasi di Google Meet Lewat Laptop dengan Benar
pixabay.com

Cara Presentasi di Google Meet Lewat Laptop dengan Mudah

Peradaban manusia saat ini semakin maju. Apapun saat ini rasanya cepat karena internet yang semakin bertumbuh. Kini kita dapat melakukan hal apapun secara online.

Dapat dikatakan pandemi sejak 2019 lalu sedikit banyak berpengaruh terhadap kemajuan dunia online saat ini. Karena pada saat pandemi, banyak orang yang terpaksa melakukan karantina dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Sebagai gantinya, maka terjadilah kegiatan online atau yang di Indonesia bernama daring. Bahkan, kegiatan meeting dan presentasi pun juga harus secara online. Salah satu platform meeting online terkenal adalah Google Meet.

Saat meeting atau rapat berlangsung, ada cara presentasi di Google Meet lewat laptop yang sangat memudahkan para penggunanya. Jadi, meski tidak berdekatan, Anda masih bisa membagikan ide dan gagasan Anda ke peserta rapat lain melalui Google Meet ini.

1. Kelebihan Google Meet untuk Presentasi

Sebenarnya ada cukup banyak platform yang memang berfungsi sebagai tempat meeting online seperti halnya Google Meet. Akan tetapi, ada beberapa kelebihan dari Google Meet yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menggunakannya.

Google Meet sendiri adalah platform meeting online milik Google. Jadi, pastinya Google Meet ini akan bekerja lebih baik, terutama untuk Anda yang juga menggunakan layanan Google lainnya. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  • Memiliki versi gratis dan berbayar yang cukup fleksibel.
  • Terintegrasi dengan layanan Google, seperti Google Hangouts, Google Telegram, Facebook Messenger, dan masih banyak lagi.
  • Menyediakan fitur share screen sebagai cara presentasi di Google Meet lewat laptop.
  • User experience dan juga User Interface yang lebih mudah. Bahkan versi web di laptop dari Google Meet tidak jauh berbeda seperti versi aplikasinya.
  • Kualitas video dan audio lebih baik.

2. Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

Untuk bisa melakukan presentasi, maka tentu Anda harus masuk ke dalam Google Meet terlebih dahulu. Google Meet ini memiliki dua versi, yaitu aplikasi dan web.

Untuk di hp, Anda bisa menggunakan Google Meet versi apk yang tersedia di PlayStore maupun AppStore. Akan tetapi, hal itu akan berbeda jika di laptop. Untuk cara presentasi di Google Meet lewat laptop, maka Anda harus menggunakan versi web.

Langkah paling mudah adalah untuk mengakses melalui Google Chrome. Kemudian Anda bisa langsung mencari “Google Meet” di kolom pencarian. Jika sudah masuk, maka Anda bisa langsung klik “Enter a cor or link” dan “Join”. Setelah itu, pilih “Continue” dan kemudian “Join New”.

Apabila meeting atau pertemuan sudah Anda jadwalkan sebelumnya, maka Anda bisa langsung masuk ke laman Google Calendar. Di sana nanti akan ada jadwal Google Meet dan langsung saja pilih “Join Now”.

Agar menggunakannya lebih mudah, memang lebih baik untuk menggunakan Google Chrome karena keduanya sama-sama berada di bawah Google.

3. Presentasi dengan Share Screen di Laptop

Untuk melakukan cara presentasi di Google Meet lewat laptop, maka Anda bisa melakukan share screen. Artinya, Anda akan berbagai bahan presentasi yang ada di laptop agar bisa terlihat oleh seluruh peserta meeting.

Kenapa harus menggunakan laptop? Jawabannya tentu saja sangat mudah, yaitu karena laptop memiliki layar yang lebih luas dan tampak lebih profesional.

  • Langkah pertama adalah siapkan bahan presentasi Anda, baik dalam bentuk PPT atau PDF.
  • Kemudian buka ke Google Meet dan masuk ke rapat yang ingin diikuti.
  • Setelah bergabung, selanjutnya klik ikon “Present Now” pada bagian bawah laptop Anda.
  • Terdapat beberapa pilihan, yakni apakah ingin membagikan seluruh layar atau hanya satu jendela saja.
  • Klik “Bagikan” atau “Share”.

Ketika sudah melakukan cara presentasi di Google Meet lewat laptop tersebut, maka Anda sudah bisa segera melakukannya.

4. Mengontrol Presentasi Slide di Google Meet

Ketika sudah berbagai slide, Anda tentunya juga bisa mengontrolnya selama presentasi berlangsung. Anda bisa mengarahkan dan memilih slide yang ingin ditampilkan.

Berikut ini cara presentasi di Google Meet lewat laptop dengan mengontrol slide:

  • Pastikan bahwa Anda sudah bergabung ke dalam rapat atau meeting di Google Meet.
  • Setelah itu, buka presentasi di Slide.
  • Pada bagian bawah rapat video Google Meet, klik menu Presentasikan Sekarang lalu Tab.
  • Pilih menu Tab dengan presentasi Slide dan klik Bagikan.
  • Di bagian kiri bawah video rapat, klik Mulai Slideshow.
  • Setelah itu, Anda dapat melakukan kontrol slide di bagian kanan bawah, yaitu:
  • Membuka slide lain dengan mengklik tombol panah.
  • Langsung pergi ke slide tertentu dalam file dengan klik nomor slide dan pilih slide dari daftar yang muncul.
  • Mengakhiri slideshow.
  • Membuka link atau putar video dalam show dengan cara presentasi di Google Meet lewat laptop melalui tombol putar dan daftar link yang ada.

5. Cara Mencegah Peserta Lain Membagikan Layar

Fitur membagikan layar ini memang sangat bermanfaat untuk presentasi online. Dengan fitur ini, maka semua peserta meeting atau rapat dapat melihat secara langsung bentuk data yang berisi gagasan dari narasumber.

Namun, terkadang ada beberapa peserta yang selalu iseng. Ada dari mereka yang ikut membagikan layar padahal bukan narasumber. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat mengganggu, apalagi jika narasumber sedang melakukan presentasi.

Untuk itu, sebenarnya penyelenggara ruang rapat bisa mengaturnya dengan menonaktifkan bagikan layar ketika belum waktunya melakukan presentasi. Berikut ini caranya:

  • Bergabung ke rapat video Google Meet.
  • Setelah itu, di bagian bawah kanan layar akan ada menu Kontrol Penyelenggara dengan logo kunci gembok. Klik bagian tersebut.
  • Setelah masuk, maka panel samping akan terbuka dan muncul pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Bagikan Layarnya.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah, jika memang tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan tersebut, maka artinya ada yang bermasalah. Untuk memperbaikinya, maka Anda disarankan untuk menonaktifkan ekstensi Chrome untuk Google Meet terlebih dahulu. Baru setelahnya Anda bisa mencoba langkah-langkah tersebut dari awal.

Sebenarnya cara presentasi di Google Meet lewat laptop tidak sesulit yang dipikirkan. Anda hanya perlu melakukan share screen atau bagikan layar agar semua peserta melihat bahan materi presentasi yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Dengan begitu, maka kegiatan presentasi online akan berjalan dengan baik.